Pengertian User Exec, Privelege dan Global Configuration Di Cisco Packet Tracer

Assalamualaiku Wr Wb
Hay semuanya kembali lagi dengan saya admin Bagus Cahyono Blog, di Artikel kali ini saya akan membahas mengenai perintah perintah dasar dari cisco packet tracer, oke kita lanjut aja , baca terus jangan bosen membaca.
A. Pengertian
Packet Tracer adalah alat simulasi visual lintas platform yang dirancang oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna membuat topologi jaringan dan meniru jaringan komputer modern. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan konfigurasi router dan switch Cisco menggunakan antarmuka baris perintah simulasi.
B. Latar belakang
Di sebuah Cisco ada dasar-dasar perintan dan kita mungkin belum mengetahuinya makanya kita harus belajar dan membaca artikel ini.
C. Maksud dan tujuan
Memahi perbedaan User exec mode, Privelege mode dan global configuration mode
D. Pembahasan
Oke sekarang kita masuk ke ke perbedaannya,
enable, perintah enable berfungsi untuk masuk dari user exec mode ke privelege mode, user exec mode  "router>" sedangkan  privelege mode "router#" untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini
Pengertian User Exec, Privelege dan Global Configuration Di Cisco Packet Tracer
user exec mode adalah tingkatan pertama yang dimasuki setelah berhubungan dengan router dan menekan tombol Enter, ditandai oleh Router>. Tingkat ini dipakai hanya untuk kegunaan yang sangat terbatas, misalnya untuk memeriksa status dari router. Kemampuannya untuk memeriksa status dari router pun sangat terbatas, sedangkan 
privelege mode, di privelege mode ini, dapat menjalankan perintah perintah yang berada di user exec mode di tambah perintah perintah tambahan seperti :
-show, untuk menampilkan settingan 
-exit, untuk keluar dari privelege mode
-configure, untuk masuk ke konfiguration mode dan masih banyak lagi..

configure terminal/config t, perintah ini berfungsi untuk masuk ke global configuration mode, di dalam mode ini kita dapat mengubah konfigurasi router, switch atau yang lainnya , seperti mebubah hostname, menambahkan banner, memberi password, menambahkan ip address dan masih banyak lagi, jadi cara accessnya begini

Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#


E. Kesimpulan
Jadi di dalam cisco packet tracer itu untuk akses nya itu ada 3, mulai dari user exec mode, previlege mode dan global configuration, untuk masuk ke global configuration, dari user exec mode> privelege mode> global confguration.

Sekian dulu ya kawan artikel ini semoga bermanfaat. Aminn
Wassalamualaiku Wr Wb.
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Pengertian User Exec, Privelege dan Global Configuration Di Cisco Packet Tracer "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel