Proxmox Cloud Computing

Proxmox adalah sebuah distro linux dari basis Debian yang mampunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik dari appliance maupun operating system.Proxmox berjalan dengan mode text, meskipun begitu proxmox akan lebih mudah jika dikonfigurasikan degan akses remote dengan web based.

Pada tahun-1950 konsep yang mendasari Cloud Computing tidak dapat terlaksana kare sautu kesalahan .Sekitar tahun 1990-an sebuah perusahaan telekomunikasi memberikan layanan jaringan pribadi berupa virtual (VPN) dengan kualitas yg baik dan harga nya terjangkau.

perusahaan-perusahaan besar yg menyediakan layanan cloud computing pada awal-awal perkembangan "cloud computing" : GE GEISCO merupakan anak perusahaan IBM Service Biro Corporation (SBC ,berdiri pada tahun 1957), Tymshare (berdiri pada 1966), National CSS (berdiri pada tahun 1967 dan dibeli oleh Dun & Bradstreet pada tahun 1979 ,Data Dial (dibeli oleh Tymshare pada tahun 1968), dan Bolt, Beranek dan Newman (BBN) .
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi yang lebih modern .

A. Cloud Computing dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Public cloud sesuai dengan namanya , public cloud adalah penerapan cloud computing untuk umu (publik).
  2. Private cloud Bertolak belakang dengan pubic cloud yg digunakan untuk umum ,private cloud digunakan secara pribadi (private) oleh perusahaan atau pengguna tertentu .
  3. Hybrid cloud adalah penggabungan pemanfaatan public dan private cloud oleh pengguna. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menempatkan email mereka di public cloud sekaligus di private clud .

B. 3 Konsep dasar dalam cloud computing :

  1. Infrastructure as a Service (IaaS)merupakan konsep dasar yg pertama kali muncul, impementasi IaaS ini banyak dilakukan pada penggunaan atau penyewaan jaringan untuk akses Internet, layanan Disaster Recovery Center dan lain-lain.
  2. Platform as a Service (PaaS)konsep dasar dari PaaS ini tidak jauh berbeda dengan IaaS. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaannya saja, PaaS digunakan pada operating system dan infrastructure pendukungnya. Contohnya adalah layanan dari situs force.com serta layanan dari para vendor server.
  3. Software as a Service (SaaS) Merupakan konsep dasar cloud computing yang paling terbaru dan lebih unggul dari konsep dasar pendahulunya (IaaS & PaaS), karena didukung dengan software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Contohnya salesforce.Com, Service-Now, Google Apps dan lain-lain.

C. Begitu juga proxmox memiliki 3 karakteristik yaitu :

  • Grid Computing merupakan metode komputasi dimana sebuah komputer raksasa virtual yg terdiri dari beberapa komputer yg saling bekerja secara bersamaan melakukan komputasi contoh jaringan peer-to-peer atau SETI@home.
  • Utility Computing merupakan konsep komputasi dimana client hanya membayar yang mereka pakai contoh penggunaan listrik PLN.
  • Autonomic Computing merupakan konsep dimana komputer beserta perangkat komputasinya mwmiliki kwmampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri atau sebutannya self-management. Contohnya ada pada penggunaan harddisk server yg akan penuh dengan data .

Keunggulan Cloud Computing :

  1. Open source, sehingga free digunakan siapapun.
  2. Mudah dalam Instalasi dan konfigurasi.
  3. Mendukung platform virtualisasi berbasisi KVM & Open VZ.
  4. Mendukung berbagai format hardisk virtual.
  5. Minimalis dan power full dalam pemakaian memory.  
  6. Mendukung auto backup sesuai schedule.
  7. Dapat digunakan untuk cluster dan Hight Avialibity Server. 
  8. Mendukung banyak model storage : LVM,ISCSI,Local Directory maupun NFS.
  9. Sudah mendukung Live Migration.
Sekian penjelasan tentang proxmox dari saya, apabila ada kesalahannya saya minta maaf,dan terimakasih
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to " Proxmox Cloud Computing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel